pada 18 September 2018 12:34:52
tanggal 29/8/2018 pukul 09.00 saya melihat promosi penjualan produk berupa smarthpone di akun IG : aini_erajaya_strore, saya memilih link yang ada di bio dan langsung diarahkan di akun whatsapp 081953104118. saya tanyakan kebenaran harga produk dan bagaimana prosedur pemesanannya. "admin" menjelaskan kepada saya dan total biaya untuk pemesanan produk yg saya bayarkan adalah Rp. 850rb di kirimkan ke rekening CIMB NIAGA 704389025400 A/N WINDRI LENGKU DANASI. setelah melakukan transaksi tersebut pukul 12.18wib, saya mengirimkan bukti transfer dan "admin" mengatakan kepada saya akan melakukan proses packing. saya meminta bukti apakah pesanan saya sdh di packing dan "admin" mengirim foto kepada saya. saya terus menanyakan apakah produk sdh dikirimkan dan "admin" mengatakan akan diproses dan nantinya saya akan ditelepon oleh pihak toko telepon 081352160820 memeprkenalkan diri sebagai RIKO ANWAR,SH sebagai "manager toko". saat itu saya dianjurkan untuk mengirim dana sebesar Rp. 1,8jt sebagai "deposit dana jaminan penitipan register ID member yang hanya sebagai formalitas" dan dalam jangka waktu 15menit uang sya akan kembali. "admin" meminta saya mengirimkan no rekening untuk pengembalian dana dan saya meberikan no rek BRI 337801000984533 A/N Yulia Telaumbanua. tanggal 30/8/2018 pukul 08.52 saya mentransfer dana Rp. 1,8jt ke rekening CIMB NIAGA tersebut dan "admin" terus memastikan kebenaran no rekening yang say kirim untuk pengembalian dana nantinya. "admin" menginformasikan bahwa ID member saya sdh keluar dan harus konfirmasi kepada pemilik telepon 081352160820 "a/n RIKO ANWAR". saat saya hubungi "manager" terebut membenarkan no ID member saya dan mengatakan bahwa adanya trouble dalam sistim perbankan maka saya harus mengirim uang sebesar Rp. 2,2jt " untuk register aktifasi rekening. Pukul 10.23 saya melakukan transfer dana Rp. 2,2jt di rek CIMB NIAGA tersebut dan "admin" mengatakan nantinya dana yang akan dikembalikan kepada saya sebesar Rp.4jt. saya terus menanyakan kejelasan pengembalian dana tersebut dan "admin" mengatakan bahwa saya harus melakukan tansfer Rp. 6jt sebagai "akses pemancingan pemindahan dana jaminan ke rekening server'. pukul 11.05 saya melakukan transfer dana Rp.6jt masih di rekening yang sama. saya terus menanyakan kapan uang saya dikembalikan. setelahnya saya dihubungi oleh "manager" dan mengatakn bahwa adanya "trouble" dalam proses pengembaliannya maka saya wajib melakukan "deposit dana penerbit asuransi" sebesar Rp.5jt masih di rekening yang sama dan mengirimkan alamat email saya sebagai konfimasi pengembalian dana. dan "admin mengatakan bahwa dana tersebut masih belum terbaca maka saya haru mengirimkan sisa "depositnya" Rp. 5jt lagi dan nantinya dna saya akan kembali sebesar Rp.20jt. pukul 20.37 saya melakukan transfer ke rek CIMB NIAGA tersebut sebesar Rp. 5jt dan "admin" mengatakan bahwa data sudah valid jadi sy tidak perlu menunggu lama untuk proses pengembalian dananya. saya terus bertanya apa ada lagi kendala dlm prosesnya dan "admin" menyakinkan saya bahwa tidak ada lagi istilah "dana deposit" tersebut dan dana saya akan segara kembali. tp tetap saja blm kembali. tanggal 31/08/2018 pukul 03.28 saya chat "admin" dan menayakan knp uang sy blm juga kembali dan inginkan hari itu juga uang itu kembali. pukul 07.33 "admin" membalas dan mengatakan bahwa nantinya saya akan ditelepon oleh "Dirut keuangan toko" telepon 082194458296 "a/n ABDI GUNAWAN" dan saya harus konfirmasi berapa total dana yang akan dikembalikan kepada sya. saya masih terus menanyakan kejelasan uang saya dan meminta bukti persetujuan perbankan yg telah mereka proses tp "admin" mengatakan bahwa itu langsung diproses oleh pihak bank. pukul 13.44 "admin" mengatakan bahwa dana sebelumnya laporannya ditolak karena tidak memenuhi syarat. dan saya menyampaikan keluhan saya bahwa saya tidak dapat menyanggupinya. "admin"pun mengarahkan saya untuk mengubungi telepon 082194458296 "a/n ABDI GUNAWAN" untuk konfirmasi dan "admin" berani menjaminkan kartu tanda pengenalnya sebagai jaminan. setelah sya menghubungi "dirut keuangan" saya diminta untuk menyelesaikan "dana deposit" sebesar Rp.20jt sesuai dana yg sudah sya kirimkan sebelumnya. saya tanyakan kejelasan kepada "admin" dan mengatakan jika saya selesaikan "dana deposit sebesar 20jt" maka dana saya akan kembali dan "admin" mengatakan "saya pribadi Aini Ainundita siap diproses ke jalur hukum". saya menghubungi "dirut keuangannya" untuk meminta toleransi dan saya dianjurkan mengusahakan 50% dari dana sebelumnya. saya terus menuntut "admin" dan "admin mengirimkan foto ID card palsunya (didalamnya tertera PT. ERAFONE ARTHA RETALINDO) {saya sudah hubungi CS PT. ERAFONE dan mengatakan bahwa kartu identitas itu palsu dan tidak terdaftar atau bukanlah karyawan PT. ERAJAYA SWASEMBADA Tbk} serta mengatakan nila prosedur dananya tidak terproseskan ia berani dibawa ke jalur hukum. saya masih terus menuntut kejelasan pengembalian dana saya tersebut. tanggal 3/9/2018 sekitar pukul 15.00 saya dihubungi oleh "dirut keuangan" memberi toleransi agar melakukan transfer Rp. 5jt ke bank BNI 0738886635 A/N IBU EVA sebagai "pemindahan dana/transit" agar uang saya cepat kembali tp uang saya masih belum juga kembali. setelah dana saya transfer saya dianjurkan lagi untuk mengirim uang Rp.5jt "sebagai dana pelurusan" tapi sy sdh tidak sanggup. saya terus2 menghubungi kontak 082194458296 dan mengatakan bahwa dia telah melakukan pelaporan dan saya diberi toleransi mengirim Rp.2jt dan saya mengatakan bahwa sdh tidak punya uang lagi. selanjutnya sya terus menghubungi kontak tersebut menanyakan kejelasan uang saya tetapi tidak direspon dan sampai akhirnya dinonaktifkan. 15/9/2018 saya menghubungi kontak 081352160820 menanyakan mengapa kontak 082194458296 tidak dapat dibungi dan "manager" tersebut memberi alasan bahwa "dirut keuangannya" sedang berada diluar negeri" dan saya memberitahu bahwa telah dikonfirmasi oleh "dirut keuangan" untuk mengirim Rp. 2jt dan "manager" mengarahkan sya mengirim dana ke rek BNI 0698396507 A/N BPK SUMARDI dan pukul 10.06 saya mentransfer dana tersebut. setelahnya kontak 082194458296 sdh bisa dihubungi dan "beliau" mengatakan bahwa proses dana saya dalam "masa antiran" dan malah menganjurkan untuk mentrasfer dana lagi sebesar Rp.2jt tp karena saya tidak bisa menyanggupinya sya terus menuntut agar dana itu kembali dengan terus menghubungi ke 2 kontak nomor tapi tidak ada respon dan akhirnya ke 2 kontak tersebut tidak dapat dihubungi/diluar jangkauan tanggal 16/9/2018 ke 3 kontak tersebut masih blm bisa saya hubungi tapi kontak 081352160820 telah terhubung di whatsapp dan saya terus melakukan spam chat menanyakan kejelasan dana yang sudah saya keluarkan tp tidak ada respon begitu juga saya lakukan di kontak whatsapp 081953104118. tanggal 17/9/2018 ke 2 kontak akun whatsapp tersebut melakukan pemblokiran terhadap nomor saya. demikian untuk dapat ditindak lanjuti ke 3 rekening bank tersebut dan ke 3 kontak tersebut. kerugian yang saya alami sebesar Rp.27.850.000 agar segera dikembalikan ( saya sudah melakukan pelaporan CS bank BRI sebagai bank pengiriman/saya atas ke 3 no rekening tersebut)
Jawaban :
Terima kasih atas laporannya Mbah FITRIANA CITRA WISELY TELAUMBANUA . mohon segera Menghubungi Polsek Atau Polda Terdekat untuk segera di tindak Lanjuti
oleh Admin