POLRI DAERAH METRO JAYA
DIREKTORAT RESERSE KRIMINAL UMUM


15 Juni 2017
Polres Tangerang Selatan Gerebek Rumah Produksi Petasan di Pagedangan

Reskrimum

PUSKOMINFO, BID HUMAS PMJ -  Polres Tangerang Selatan menggerebek rumah yang digunakan untuk memproduksi petasan di kawasan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.  Sebanyak 20 ribu butir petasan berbagai ukuran untuk Ramadan dan Lebaran itu pun disita.


"Adanya laporan dari masyarakat bahwa ada rumah pembuatan petasan. Akhirnya, pada 3 Juni kemarin tim kita langsung menggrebeknya," ujar Wakapolres Tangerang Selatan, Kompol Bachtiar Alponso kepada wartawan, Kamis (8/6/2017) kemarin.


Menurut Kompol Alponso, pembuatan petasan yang mempunyai daya ledak tinggi tersebut diduga diproduksi oleh pelaku pada momen-momen tertentu. “Petasan berdiameter 2 hingga 5 sentimeter, itu dibuatnya musiman, menyambut bulan puasa dan lebaran," kata Kompol Alponso.


"Saat kita grebek, pelaku sedang tidak ada di rumahnya,” ujar Kompol Alponso. Namun, Kompol Alponso tidak menyebutkan nama pelakunya. Petasan tersebut lantas dimusnahkan di markas Brimob Detasemen C, Jalan R.E. Martadinata KM. 6, Cipayung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan.


"Kini para pelaku masih dalam pencarian anggota kepolisian, pelaku akan dikenakan pasal 187 ayat 1 KUHP dan terancam hukuman minimal 1 tahun kurungan penjara." ucap Kompol Alponso.


Sementara Staf Reskrim Polres Tangerang Selatan, Iptu  Sumiran mengatakan pemusnahan petasan tersebut melibatkan tim Gegana Polda Metro Jaya. "Kami meminta bantuan dari Gegana Polda Metro Jaya untuk memusnahkan barang bukti petasan ini, karena mereka yang mempunyai kualifikasi terhadap bahan peledak," ujar Iptu Sumiran.